Sejarah Gunung Sunda Sukabumi

Gunung Sunda Sukabumi




Gunung Sunda yang berada di Kabupaten Sukabumi tepatnya di desa Padaasih kecamatan Cisaat adalah sebuah Gunung yang memiliki ketinggian 680 meter dpl dengan titik koordinat  6°55'13.2"S 106°52'14.2"E, berjarak 3 km dari pusat Kecamatan Cisaat dan 6 km dari pusat Kota Sukabumi.
Gunung Sunda ini merupakan Gunung batuan pasir kuarsa dengan kemiringan lereng lebih dari 40% dari luas -+150 ha, menjadi daerah resapan air dan menjadi sumber mata air yang memberikan perlindungan terhadap 7 Kampung yang mengelilingi Gunung tersebut dan daerah bawahannya. 

Gunung Sunda Sukabumi


Gerbang Utama menuju Gunung ini adalah dari Jl. Siliwangi km.3 Kampung Jambelaer berlokasi 3 km dari Polsek Cisaat. Untuk menuju ke arah Puncak Gunung Sunda diperlukan waktu rata rata 10 menit.

Gunung Sunda juga merupakan objek wisata alam yang menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional.

Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi di Gunung Sunda

Batu-Batuan
Batu batu yang ada di Gunung Sunda mempunyai daya tarik yang tinggi untuk para wisatawan, seperti :
Batu Buruy
Batu buruy adalah Batu yang berbentuk seperti buruy (kecebong).
Untuk lebih jelas baca : 
 
  • Sejarah Perjalanan Gunung Sunda 

    terlalu banyak Informasi yang didapatkan mengenai sejarah Gunung Sunda ini, situasi ini membuktikan bahwa gunung ini sendiri memiliki banyak sekali peninggalan peninggalan sejarah atau cerita rakyat yang beraneka ragam, yang memang terkesan tidak ingin diungkap dan sulit sekali untuk di gali informasi nya. dan sebagian masyarakat sekitar sangat mengkramatkan gunung ini.
    sedikit akan saya bagikan disini, menurut versi yang pertama...

    nama gunung sunda ini sengaja disembunyikan oleh para pendahulu dan diganti namanya menjadi gunung kerud atau gunung tunda.

    *tunda = (taruh, simpan)
    jika diartikan gunung yang di simpan keberadaan/identitas/nama/sejarah)

    tujuannya supaya keberadaan gunung sunda ini tidak diketahui oleh musuh musuh pada jaman dahulu, karena menurut sebagian masyarakat sekitar gunung ini terdapat pusaka yang jika diketahui keberadaanya, maka orang yang menemukannya akan menjadi kaya raya atau menjadi penguasa, maka dari itu orang tua jaman dahulu sengaja mengganti nama gunung sunda ini menjadi gunung kerud atau gunung tunda... dan jika suatu saat nanti, jika perang terjadi lagi maka alat alat yang sangat membahayakan untuk perang adanya di gunung sunda ini....

0 komentar:

Posting Komentar